Dalam dunia balap banyak menggunakan istilah-istilah yang memiliki arti khusus.

Otomtalk

Otomtalk :

Dalam dunia balap banyak menggunakan istilah-istilah yang memiliki arti khusus. Termasuk juga di ajang balap tingkat dunia, seperti MotoGP.

Sering kali di dalam artikel MotoGP menggunakan istilah-istilah, seperti overtake, high side, chicane, dan lainnya. Penggunaan istilah ini bertujuan untuk memudahkan pengucapan untuk penulisan yang terkait dengan MotoGP.

Ada cukup banyak sebenarnya istilah yang digunakan. Beberapa kata pun juga digunakan di ajang balap lainnya.

Berikut ini istilah-istilah yang banyak digunakan di MotoGP yang telah tim Kompas rangkum dari motogp.com, Sabtu (7/11/2020).

-Apex : Istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, di mana pebalap biasanya sudah bersiap untuk kembali menarik tuas gas untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.

-Braking Marker/Braking Point : Titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Biasanya, pebalap menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

-Chicane : Bagian trek di mana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kalau dilihat dari helicopter cam atau dari atas, tikungan ini akan berbentuk seperti huruf ’S’.

-Compounds : Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

-Curbstones : Biasa juga disebut dengan Kerb, yakni batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna. Normalnya dua warna, yakni merah dan putih. Kerb berguna untuk membantu memandu pabalap.

-Displacement : Biasanya mengacu untuk kapasitas silinder mesin motor, seperti 250 cc, 600 cc, atau 1.000 cc.

-Dry Race : Balapan dengan kondisi aspal kering

-Wet Race : Keadaan di mana balapan harus berlangsung dalam keadaan aspal yang basah akibat hujan.

-Front End : Bagian depan dari motor.

-Gas : Throttle atau ekselerator.

-Grid : Garis di mana pebalap bersiap untuk memulai balapan.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/07/152200815/banyak-yang-belum-tahu-ini-istilah-yang-sering-dipakai-dalam-motogp?page=all #page2

#otomtalk #otomotif

Dalam dunia balap banyak menggunakan istilah-istilah yang memiliki arti khusus. Termasuk juga di ajang balap tingkat dunia, seperti MotoGP.

Sering kali di dalam artikel MotoGP menggunakan istilah-istilah, seperti overtake, high side, chicane, dan lainnya. Penggunaan istilah ini bertujuan untuk memudahkan pengucapan untuk penulisan yang terkait dengan MotoGP.

Ada cukup banyak sebenarnya istilah yang digunakan. Beberapa kata pun juga digunakan di ajang balap lainnya.

Berikut ini istilah-istilah yang banyak digunakan di MotoGP yang telah tim Kompas rangkum dari motogp.com, Sabtu (7/11/2020).

-Apex : Istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, di mana pebalap biasanya sudah bersiap untuk kembali menarik tuas gas untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.

-Braking Marker/Braking Point : Titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Biasanya, pebalap menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

-Chicane : Bagian trek di mana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kalau dilihat dari helicopter cam atau dari atas, tikungan ini akan berbentuk seperti huruf ’S’.

-Compounds : Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

-Curbstones : Biasa juga disebut dengan Kerb, yakni batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna. Normalnya dua warna, yakni merah dan putih. Kerb berguna untuk membantu memandu pabalap.

-Displacement : Biasanya mengacu untuk kapasitas silinder mesin motor, seperti 250 cc, 600 cc, atau 1.000 cc.

-Dry Race : Balapan dengan kondisi aspal kering

-Wet Race : Keadaan di mana balapan harus berlangsung dalam keadaan aspal yang basah akibat hujan.

-Front End : Bagian depan dari motor.

-Gas : Throttle atau ekselerator.

-Grid : Garis di mana pebalap bersiap untuk memulai balapan.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/07/152200815/banyak-yang-belum-tahu-ini-istilah-yang-sering-dipakai-dalam-motogp?page=all

Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral

Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Medan , silakan follow @medantalk di www.medantalk.com