Otomotifnet.com – Mesin motor injeksi tak jarang mengalami gejala putaran

Otomtalk

Otomtalk :

Otomotifnet.com – Mesin motor injeksi tak jarang mengalami gejala putaran gas terbuka atau malah mengecil dan kurang responsif sendiri.
.
Gejala ini bukan karena hal mistis ya.
.
Berbeda dengan motor sistem karburator, motor sistem injeksi dibekali dengan beragam sensor elektronik yang diatur oleh ECU.
.
Diantaranya seperti sensor suhu udara, sensor tekanan udara, sensor oksigen, sensor putaran kruk as dan sensor bukaan putaran gas atau Throttle Position Sensor (TPS).
.
“Kalau putaran gas terasa tidak sinkron dengan laju motor, ada kemungkinan Throttle Position Sensor bermasalah,” ujar Ahmad Matin, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.
.
Gejala TPS bermasalah bisa ditandai dengan mesin yang susah langsam atau terasa brebet pada saat motor dikendarai.
.
Terletak di throttle body, TPS sendiri terhubung dengan ECU dan berfungsi membaca bukaan putaran gas yang dilakukan pengendara.
.
Nah untuk memastikan adanya kerusakan di sensor motor injeksi, proses pengecekan dilakukan pakai alat diagnostic tools.
.
Dalam kondisi TPS normal, angka nilai tahanan yang terbaca saat gas tertutup penuh harus berada di angka 0,00.
.
“Jika diagnostic tools membaca angkanya tidak sesuai, maka mekanik bakal melakukan reset TPS tersebut,” jelasnya.
.
Namun jika sensor TPS tidak terbaca atau tetap tidak kembali normal habis di reset, solusinya sensor perlu dibersihkan atau diganti baru.
.
Jadi, sudah tahu kan penyebab gas motor bisa terbuka sendiri atau malah jadi kurang responsif.
.
Bukaan kerjaan mahluk ghaib Sob! Tapi sensor TPS di motor kalian yang bermasalah!
.
Sumber : https://otomotifnet.gridoto.com/read/232363119/putaran-gas-motor-injeksi-naik-atau-kecil-sendiri-dikira-ulah-setan-aslinya-sensor-ini-bermasalah
.
#otomotif #tipsotomotif #motor #injeksimotor #gasmotor #otomtalk

Otomotifnet.com - Mesin motor injeksi tak jarang mengalami gejala putaran gas terbuka atau malah mengecil dan kurang responsif sendiri.
.
Gejala ini bukan karena hal mistis ya.
.
Berbeda dengan motor sistem karburator, motor sistem injeksi dibekali dengan beragam sensor elektronik yang diatur oleh ECU.
.
Diantaranya seperti sensor suhu udara, sensor tekanan udara, sensor oksigen, sensor putaran kruk as dan sensor bukaan putaran gas atau Throttle Position Sensor (TPS).
.
"Kalau putaran gas terasa tidak sinkron dengan laju motor, ada kemungkinan Throttle Position Sensor bermasalah," ujar Ahmad Matin, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.
.
Gejala TPS bermasalah bisa ditandai dengan mesin yang susah langsam atau terasa brebet pada saat motor dikendarai.
.
Terletak di throttle body, TPS sendiri terhubung dengan ECU dan berfungsi membaca bukaan putaran gas yang dilakukan pengendara.
.
Nah untuk memastikan adanya kerusakan di sensor motor injeksi, proses pengecekan dilakukan pakai alat diagnostic tools.
.
Dalam kondisi TPS normal, angka nilai tahanan yang terbaca saat gas tertutup penuh harus berada di angka 0,00.
.
"Jika diagnostic tools membaca angkanya tidak sesuai, maka mekanik bakal melakukan reset TPS tersebut," jelasnya.
.
Namun jika sensor TPS tidak terbaca atau tetap tidak kembali normal habis di reset, solusinya sensor perlu dibersihkan atau diganti baru.
.
Jadi, sudah tahu kan penyebab gas motor bisa terbuka sendiri atau malah jadi kurang responsif.
.
Bukaan kerjaan mahluk ghaib Sob! Tapi sensor TPS di motor kalian yang bermasalah!
.
Sumber : https://otomotifnet.gridoto.com/read/232363119/putaran-gas-motor-injeksi-naik-atau-kecil-sendiri-dikira-ulah-setan-aslinya-sensor-ini-bermasalah
.

Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral

Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Medan , silakan follow @medantalk di www.medantalk.com