OTOMTALK – Musim hujan, kerap memicu segudang masalah bagi pengendara sepeda motor. Problem yang terjadi yaitu mogok dan masalah kelistrikan akibat korsleting. 1.  Ban Periksa ban kendaraan. Ban motor mulai botak, bisa memicu petaka. Sebab saat hujan kondisi jalan menjadi licin. 2. Rantai Selalu periksa rantai motor.  Guyuran air hujan, sering membuat pelumas rantai menjadi luntur. Akibatnya, rantai menjadi kering. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, rantai menjadi mudah aus dan berkarat. Karenanya, cek rutin sebelum bepergian. kencangkan rantai motor sesuai standar. Olesi minyak pelumas khusus rantai (Chain lube). 3. Kampas Rem Part motor yang satu ini wajib diperiksa. Saat musim hujan mencuci motor, selalu bersihkan kampas rem. Bila tidak dibersihkan bisa menyebabkan goresan-goresan di piringan cakramnya. 4. Busi Busi pun tak kalah penting. Selalu bersihkan busi motor. Kalau tidak, busi harus diganti. Tentu kita tidak mau harus mengganti busi terus-terusan. Bawa selalu busi cadangan. 5. Knalpot Selalu bersihkan knalpot motor, apalagi untuk air yang masuk ke dalam knalpot. Semprot knalpot dengan kompresor angin agar air dialam knalpot keluar. 6. Jari-jari motor (Velg) Nah ini juga selalu rutin dibersihkan, Bro. Segera semprot dan cuci setelah terkena hujan. Bersihkan bagian tengah atau di sekitar as. Pastikan sil penutup laher masih dalam kondisi bagus. 7. Cuci Motor Nah yang terakhir, orang terkadang malas mencuci motor saat musim hujan. Alasannya, motor baru cuci malas kalau kotor lagi, mending ga usah dicuci. Ini bentuk pemikiran yang salah bro. Air hujan itu sifatnya asam dan bisa menyebabkan motor karatan. Mau punya motor jadi kaya motor bodong? Sumber : JawaPos.com #otomtalk #medan #otomotif #tipsotomotif

OTOMTALK – Musim hujan, kerap memicu segudang masalah bagi pengendara sepeda motor. Problem yang terjadi yaitu mogok dan masalah kelistrikan akibat korsleting.
1.  Ban

Periksa ban kendaraan. Ban motor mulai botak, bisa memicu petaka. Sebab saat hujan kondisi jalan menjadi licin.
2. Rantai
Selalu periksa rantai motor.  Guyuran air hujan, sering membuat pelumas rantai menjadi luntur. Akibatnya, rantai menjadi kering. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, rantai menjadi mudah aus dan berkarat. Karenanya, cek rutin sebelum bepergian. kencangkan rantai motor sesuai standar. Olesi minyak pelumas khusus rantai (Chain lube). 3. Kampas Rem
Part motor yang satu ini wajib diperiksa. Saat musim hujan mencuci motor, selalu bersihkan kampas rem. Bila tidak dibersihkan bisa menyebabkan goresan-goresan di piringan cakramnya.
4. Busi
Busi pun tak kalah penting. Selalu bersihkan busi motor. Kalau tidak, busi harus diganti. Tentu kita tidak mau harus mengganti busi terus-terusan. Bawa selalu busi cadangan.

5. Knalpot
Selalu bersihkan knalpot motor, apalagi untuk air yang masuk ke dalam knalpot. Semprot knalpot dengan kompresor angin agar air dialam knalpot keluar.

6. Jari-jari motor (Velg)
Nah ini juga selalu rutin dibersihkan, Bro. Segera semprot dan cuci setelah terkena hujan. Bersihkan bagian tengah atau di sekitar as. Pastikan sil penutup laher masih dalam kondisi bagus.

7. Cuci Motor
Nah yang terakhir, orang terkadang malas mencuci motor saat musim hujan. Alasannya, motor baru cuci malas kalau kotor lagi, mending ga usah dicuci. Ini bentuk pemikiran yang salah bro. Air hujan itu sifatnya asam dan bisa menyebabkan motor karatan. Mau punya motor jadi kaya motor bodong?

Sumber : JawaPos.com

#otomtalk #medan #otomotif #tipsotomotif

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman pasang iklan

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @otomtalk for instant updates and please share our posts