Sirkuit Internasional Mandalika baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko

Otomtalk :

Sirkuit Internasional Mandalika baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (12/11/2021). Bukan cuma sekadar acara seremonial, Jokowi turut menjajal sendiri aspal sirkuit tersebut dengan menunggangi sepeda motor kustomnya.

Sirkuit ini bakal jadi venue balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November mendatang. Tidak cuma itu, MotoGP pun rencananya turut digelar di Sirkuit Mandalika tahun depan, tepatnya pada Maret 2022.

Masih banyak yang belum paham, apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Terutama melihat keduanya yang sama-sama merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia.

Jika dilihat secara sederhana, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus alias bukan motor produksi massal. Sementara WSBK menggunakan motor produksi massal dengan rombakan khusus untuk balapan.

Menyitat BikesRepublic dan Redbull, berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan kedua balapan tersebut.

Anggaran

Di MotoGP, anggaran belanja tiap tim terhitung lebih tinggi ketimbang WSBK. Tiap tim di MotoGP bisa mengeluarkan dana sebanyak yang mereka mau untuk motor balapnya, pengujian, perlengkapan, gaji staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berkompetisi di WSBK, pengeluaran tim untuk motor, pembalap, hingga research and development (R&D) semuanya terbatas.

Konstruksi

MotoGP dan WSBK mematuhi beragam aturan teknis yang sudah ditetapkan oleh Dorna selaku pemegang hak komersial kedua balapan tersebut, serta FIM sebagai induk olahraga balap sepeda motor dunia. Aturan dibuat agar kompetisi berjalan seadil mungkin.

Di MotoGP, pembatasan lebih sedikit dibanding WSBK. Tiap tim lebih fleksibel merancang konstruksi mesin dan sasis yang akan dipakai. Motor di MotoGP juga menggunakan material ringan seperti serat karbon, titanium, hingga paduan magnesium.

Lantas di WSBK, lebih terbatas. Semua motor yang berlaga wajib mempertahankan konstruksi dan desain sasis produk aslinya. Penggunaan material seperti serat karbon, titanium, dan paduan magnesium turut dibatasi.

Lanjut dikomentar…

#berita #sepedamotor #otomtalk #wsbkmandalika

Sirkuit Internasional Mandalika baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (12/11/2021). Bukan cuma sekadar acara seremonial, Jokowi turut menjajal sendiri aspal sirkuit tersebut dengan menunggangi sepeda motor kustomnya.

Sirkuit ini bakal jadi venue balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November mendatang. Tidak cuma itu, MotoGP pun rencananya turut digelar di Sirkuit Mandalika tahun depan, tepatnya pada Maret 2022.

Masih banyak yang belum paham, apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Terutama melihat keduanya yang sama-sama merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia.

Jika dilihat secara sederhana, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus alias bukan motor produksi massal. Sementara WSBK menggunakan motor produksi massal dengan rombakan khusus untuk balapan.

Menyitat BikesRepublic dan Redbull, berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan kedua balapan tersebut.

Anggaran

Di MotoGP, anggaran belanja tiap tim terhitung lebih tinggi ketimbang WSBK. Tiap tim di MotoGP bisa mengeluarkan dana sebanyak yang mereka mau untuk motor balapnya, pengujian, perlengkapan, gaji staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berkompetisi di WSBK, pengeluaran tim untuk motor, pembalap, hingga research and development (R&D) semuanya terbatas.

Konstruksi

MotoGP dan WSBK mematuhi beragam aturan teknis yang sudah ditetapkan oleh Dorna selaku pemegang hak komersial kedua balapan tersebut, serta FIM sebagai induk olahraga balap sepeda motor dunia. Aturan dibuat agar kompetisi berjalan seadil mungkin.

Di MotoGP, pembatasan lebih sedikit dibanding WSBK. Tiap tim lebih fleksibel merancang konstruksi mesin dan sasis yang akan dipakai. Motor di MotoGP juga menggunakan material ringan seperti serat karbon, titanium, hingga paduan magnesium.

Lantas di WSBK, lebih terbatas. Semua motor yang berlaga wajib mempertahankan konstruksi dan desain sasis produk aslinya. Penggunaan material seperti serat karbon, titanium, dan paduan magnesium turut dibatasi.

Lanjut dikomentar…

NB:
Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral, browse hashtags: berita sepedamotor otomtalk wsbkmandalika
kunjungi sponsor kami Vespa dealer Medan & Sumut www.vesparkindo.com
Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Berita Medan , silakan browse www.medantalk.com
Cek info lowongan kerja di www.KarirGram.com
Medan Punya Cerita cek www.MedanKu.com