Teknologi berkembang transmisi mobil dibuat otomatis untuk kemudahan. Sehingga tuas

Otomtalk :

Teknologi berkembang transmisi mobil dibuat otomatis untuk kemudahan. Sehingga tuas pedal di kaki ikut berkurang hanya dua yakni untuk gas dan rem.

Meski tergolong lebih mudah bukan berarti bisa sembarangan. Diutamakan untuk mengerem menggunakan kaki kanan. Sebab jika pakai kaki kiri dapat membahayakan pengemudi.

Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling.

Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di
saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis.

Pasalnya pada posisi tersebut kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan oleh tekanan rem.

Pengemudi yang sudah terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, maka kaki kirinya sudah terbiasa menginjak tuas pedal kopling sangat dalam.

Namun bila dilakukan hal serupa terhadap pedal rem saat menggunakan mobil matik, dikhawatirkan mobil akan berhenti secara mendadak.

Jelas hal ini dapat membahayakan diri sendiri juga orang lain,” katanya.

Kadar feeling atau perasaan yang ditimbulkan antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matik sangat berbeda.

Apalagi saat mengoperasikan mobil manual, kaki kanan lebih aktif buat tekan pedal rem.

Sehingga sebaiknya untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

Sumber: kompas.com

#otomtalk #otomotif

Teknologi berkembang transmisi mobil dibuat otomatis untuk kemudahan. Sehingga tuas pedal di kaki ikut berkurang hanya dua yakni untuk gas dan rem.

Meski tergolong lebih mudah bukan berarti bisa sembarangan. Diutamakan untuk mengerem  menggunakan kaki kanan. Sebab jika pakai kaki kiri dapat membahayakan pengemudi.

Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling.

Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di
saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis.

Pasalnya pada posisi tersebut kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan oleh tekanan rem.

Pengemudi yang sudah terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, maka kaki kirinya sudah terbiasa menginjak tuas pedal kopling sangat dalam.

Namun bila dilakukan hal serupa terhadap pedal rem saat menggunakan mobil matik, dikhawatirkan mobil akan berhenti secara mendadak.

Jelas hal ini dapat membahayakan diri sendiri juga orang lain," katanya.

Kadar feeling atau perasaan yang ditimbulkan antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matik sangat berbeda.

Apalagi saat mengoperasikan mobil manual, kaki kanan lebih aktif buat tekan pedal rem.

Sehingga sebaiknya untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

Sumber: kompas.com

Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral

Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Medan , silakan follow @medantalk di www.medantalk.com