Tiap sepeda motor dibekali dengan sistem pengereman depan dan belakang.

Otomtalk :

Tiap sepeda motor dibekali dengan sistem pengereman depan dan belakang. Meski fungsinya sama-sama untuk mengurangi laju kendaraan, tapi ternyata ada sedikit perbedaan.

Saat mengendarai sepeda motor, bukan hanhlya performa atau akselerasi motor saja yang harus diperhatikan. Tapi, pengendara pun harus memahami juga karakter dan fungsi dari sistem pengeremannya.

Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, mengatakan, rem depan dan rem belakang memiliki peruntukkan yang berbeda.

” Rem belakang hanya digunakan pada kecepatan rendah, sedangkan rem depan efektif pada 30 – 80 kilometer per jam, tergantung bobot dan jenis kendaraan,” ujar Michael, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Michael menambahkan, selain mengurangi kecepatan, rem belakang juga berfungsi menstabilkan motor. Pada kecepatan rendah fungsi itu optimal, namun pada kecepatan tinggi tidak efektif.

Misalnya, berusaha berhenti dari 80 kilometer per jam. Ketika itu terjadi gaya dorong memindahkan sebagian bobot ke depan.

Pada posisi itu gaya tekan ke bawah buat ban belakang berkurang atau artinya traksi memudar. Jika dilakukan memakai rem belakang malah bisa membuat ban belakang mengunci hingga berisiko terjatuh.

“Sebenarnya, saat 30 – 80 kilometer per jam yang digunakan kedua rem, depan untuk menahan daya dorong sedangkan belakang membantu menstabilkan,” kata Michael.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/14/154200415/ketahui-kapan-harus-gunakan-rem-depan-dan-belakang-pada-sepeda-motor

#otomtalk #otomotif

Tiap sepeda motor dibekali dengan sistem pengereman depan dan belakang. Meski fungsinya sama-sama untuk mengurangi laju kendaraan, tapi ternyata ada sedikit perbedaan.

Saat mengendarai sepeda motor, bukan hanhlya performa atau akselerasi motor saja yang harus diperhatikan. Tapi, pengendara pun harus memahami juga karakter dan fungsi dari sistem pengeremannya.

Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, mengatakan, rem depan dan rem belakang memiliki peruntukkan yang berbeda.

" Rem belakang hanya digunakan pada kecepatan rendah, sedangkan rem depan efektif pada 30 – 80 kilometer per jam, tergantung bobot dan jenis kendaraan," ujar Michael, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Michael menambahkan, selain mengurangi kecepatan, rem belakang juga berfungsi menstabilkan motor. Pada kecepatan rendah fungsi itu optimal, namun pada kecepatan tinggi tidak efektif.

Misalnya, berusaha berhenti dari 80 kilometer per jam. Ketika itu terjadi gaya dorong memindahkan sebagian bobot ke depan.

Pada posisi itu gaya tekan ke bawah buat ban belakang berkurang atau artinya traksi memudar. Jika dilakukan memakai rem belakang malah bisa membuat ban belakang mengunci hingga berisiko terjatuh.

“Sebenarnya, saat 30 – 80 kilometer per jam yang digunakan kedua rem, depan untuk menahan daya dorong sedangkan belakang membantu menstabilkan,” kata Michael.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/14/154200415/ketahui-kapan-harus-gunakan-rem-depan-dan-belakang-pada-sepeda-motor

Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral

Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Medan , silakan follow @medantalk di www.medantalk.com