Tidak sedikit pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di

Otomtalk :

Tidak sedikit pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di tanjakan curam, terutama bagi pengemudi pemula. Sebab, salah-salah mobil bisa mundur.

Hal ini terjadi lantaran pengemudi kurang mampu menyelaraskan bukaan kopling dan gas, sementara ada gaya yang menarik mobil ke belakang. Alhasil, mobil kehilangan momentum untuk melaju dan malah mundur.

Saat melewati tanjakan terjal dengan mobil manual, dibutuhkan koordinasi antara tangan, mata dan kaki.

Pertama, injak rem dalam-dalam sambil mengaktifkan rem tangan. Ini sebagai antisipasi mobil mundur akibat kehilangan momentum berjalan. Selain itu, dengan mengaktifkan rem tangan bisa buat jaga-jaga sambil melancarkan perpindahan kaki (gas dan kopling.

Langkah selanjutnya kaki kiri pengemudi injak kopling sampai mentok, baru masukan gigi 1. Karena fungsi rem kaki sudah digantikan oleh rem tangan, maka kaki kanan pengemudi bisa stand by di gas.

Kemudian lepas pedal kopling perlahan hingga pengemudi merasa mobilnya sudah siap jalan, sambil tambah tekanan gas.

Pada saat yang bersamaan rilis rem tangan, biarkan mobil melaju menanjak sedikit demi sedikit. Di sini pengemudi harus jaga momentum agar mobil tetap bisa menanjak.

Dengan begitu, meski kondisi di tanjakan yang sangat terjal pun mobil tidak akan mundur.

Tidak sedikit pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di tanjakan curam, terutama bagi pengemudi pemula. Sebab, salah-salah mobil bisa mundur.

Hal ini terjadi lantaran pengemudi kurang mampu menyelaraskan bukaan kopling dan gas, sementara ada gaya yang menarik mobil ke belakang. Alhasil, mobil kehilangan momentum untuk melaju dan malah mundur.

Saat melewati tanjakan terjal dengan mobil manual, dibutuhkan koordinasi antara tangan, mata dan kaki.

Pertama, injak rem dalam-dalam sambil mengaktifkan rem tangan. Ini sebagai antisipasi mobil mundur akibat kehilangan momentum berjalan. Selain itu, dengan mengaktifkan rem tangan bisa buat jaga-jaga sambil melancarkan perpindahan kaki (gas dan kopling.

Langkah selanjutnya kaki kiri pengemudi injak kopling sampai mentok, baru masukan gigi 1. Karena fungsi rem kaki sudah digantikan oleh rem tangan, maka kaki kanan pengemudi bisa stand by di gas.

Kemudian lepas pedal kopling perlahan hingga pengemudi merasa mobilnya sudah siap jalan, sambil tambah tekanan gas.

Pada saat yang bersamaan rilis rem tangan, biarkan mobil melaju menanjak sedikit demi sedikit. Di sini pengemudi harus jaga momentum agar mobil tetap bisa menanjak.

Dengan begitu, meski kondisi di tanjakan yang sangat terjal pun mobil tidak akan mundur.

#otomtalk #otomotif

NB:
Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral

Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Medan , silakan follow @medantalk di www.medantalk.com